Pada beberapa kasus tertentu, sebuah form memiliki banyak field yang harus diisi oleh pengguna. Beberapa field wajib diisi sedangkan yang lain tidak wajib. Pemeriksaan form dapat dilakukan baik client-side maupun server-side. Pemeriksaan client-side dapat dilakukan oleh JavaScript dengan menggunakan operasi DOM atau menggunakan library seperti jQuery. Akan tetapi, pemeriksaan tersebut hanya sebatas kelengkapan dan kebenaran format data. Ada beberapa hal yang tidak dapat dilakukan oleh JavaScript misalnya CAPTCHA atau data yang bersifat unik yang pada saat pengguna mengisi masih tersedia sedangkan ketika formulir diterima di server sudah tidak tersedia lagi.

Kasus di atas dapat diatasi dengan server-side script. Server harus meminta klien mengubah isian yang salah atau tidak tersedia. Permasalahannya adalah formulir tersebut mempunyai banyak isian. Tentu saja akan menyebabkan pengguna bosan apalagi jika kegagalan tersebut terjadi berkali-kali.

Server dapat mengirimkan kembali data yang telah dikirim oleh pengguna dengan memanipulasi data yang salah atau tidak tersedia. Dengan demikian, pengguna hanya akan memperbaiki data yang salah atau tidak tersedia sedangkan data yang lain tidak perlu dimasukkan lagi.

Cara yang paling mudah untuk mengirimkan isian form kepada pengguna adalah dengan menggunakan jQuery dan JSON. Server mengirimkan isian form kepada pengguna dalam format JSON sedangkan jQuery memasukkan kembali data tersebut ke dalam form.

Berikut ini merupakan kode untuk memasukkan ulang data yang telah dikirim ke ke formulir untuk diperbaiki oleh pengguna.

<?php
if(isset($_POST['submit']))
{
    foreach($_POST as $key=>$val)
    {
        $_POST[$key] = stripslashes($val); // manipulasi
        if($key == 'password' || $key == 'captcha')
        {
            unset($_POST[$key]);
        }
    }
    $js = json_encode($_POST);
    ?>
    <script language="javascript">
    var obj = <?php echo $js;?>;
    var idx;
    for(idx in obj)
    {
        if(idx == 'password' || idx == 'captcha')
        {
            // lewati password dan captcha
            // jika di server belum dilakukan
            // lakukan pula pada input yang lain
            // yang ingin dilewati
        }
        else
        {
            $('[name='+idx+']').val(obj[idx]);
        }
    }
    </script>
<?php
}
?>

Jika tidak ingin mengguna event window.onload, kod di atas harus diletakkan setelah form. Penyertaan script jQuery harus diletakkan sebelum kode di atas (disarankan diletakkan di header) untuk menjamin bahwa kode di atas dieksekusi oleh browser setelah file jQuery selesai dimuat.