Perusahaan Anda belum mempunyai web?

Come On!!! Sekarang bukanlah jaman tahun 90-an di mana web adalah sebuah hal yang aneh dan mahal. Kini website dengan begitu mudah dibuat dengan menggunakan berbagai macam program Content Management System (CMS) mulai dari yang gratis hingga yang berbayar. Pemilik web tidak harus membayar karyawan hingga jutaan Rupiah perbulannya hanya untuk memperbarui informasi web. Pemilik web bahkan tidak harus online setiap saat dengan desktop atau laptop untuk memperbarui isi web. Pemilik web bahkan tidak perlu berlangganan internet hingga ratusan ribu Rupiah setiap bulannya. Cukup dengan handphone murah seharga Rp 200.000-an dan dengan biaya internet kurang dari Rp 100-an untuk setiap kali memperbarui informasi pada web. Tentu saja handphone tersebut dapat digunakan hingga bertahun-tahun asalkan tidak rusak atau hilang.

Apa Pentingnya web bagi sebuah perusahaan?

Web adalah sebuah program komputer yang dapat diakses dari komputer lain untuk menampilkan sebuah atau beberapa halaman yang berisi teks, gambar, suara, video, dan sebagainya. Untuk mengakses sebuah halaman web diperlukan sebuah URL (Uniform Resource Locator) yang merupakan identitas dari sebuah data di internet. URL ini kemudian dikembangkan lagi menjadi URI (Uniform Resource Identifier) yang terdiri dari:

  1. Nama server
  2. Nama modul
  3. Request

Nama server dapat berupa alamat protokol internet (IP address) atau domain. Domain sendiri merupakan pengganti dari nama server yang bersifat optional (boleh ada atau tidak). Tujuan dari penggunaan domain adalah untuk memudahkan pengunjung mengakses web tersebut.

Bagi sebuah perusahaan, nama domain menjadi penting karena menjadi sebuah prestise. Beberapa waktu yang lalu, sebuah perusahaan elektronika raksasa dunia melayangkan somasi kepada pemilik sebuah weblog pribadi karena domainnya mirip dengan domain dari perusaahaan tersebut. Hal tersebut menunjukkan berata berartinya sebuah domain.

Bagi sebuah perusahaan, domain web yang baik adalah domain yang mewakili nama dari perusahaan tersebut. Tentu saja nama domain tidak terlalu panjang karena sulit untuk diingat dan membosankan pengunjung ketika akan mengetik nama domain tersebut.

Web Subdomain.Domain-Nebeng.Com

Banyak yang kreatif menciptakan web dengan cara menumpang pada server lain sebagai sebuah subdomain. Cara ini memang cerdas tapi tidak berkelas. Bayangkan saja jika sebuah perusahaan sedang melakukan promosi produknya dengan menggunakan web tersebut. Pengunjung web yang mengetahui bahwa web tersebut merupakan sub dari web lain yang tidak ada hubungan bisnis dengannya tentu akan berkata: \"Ah, web aja nebeng. Ga mau modal lo\". Ya wajar saja. Isi kepala setiap orang kan berbeda-beda.

Menampilkan profil perusahaan dan produk di website jejaring sosial

Cara seperti ini tidak kalah kreatif. Lumayan untuk menghemat biaya. profil dapat diubah setiap saat ketika pemilik akun login ke jejaring sosial tersebut. Namun sesungguhnya, cara ini bukanlah cara yang baik. Mengapa? Berikut ini alasannya.

  1. Halaman hanya bisa diakses oleh pengguna jejaring sosial yang bersangkutan
  2. Informasi detil hanya bisa dilihat oleh anggota jejaring sosial tersebut yang mempunyai hubungan pertemanan
  3. Informasi perusahaan dan produk akan bercampur dengan informasi pribadi yang akan menurunkan prestise dan citra baik perusahaan
  4. Informasi tidak terstruktur dan terkesan berantakan dan tercerai berai
  5. Tidak bisa diprogram sesuai keinginan
  6. URL untuk mengakses halaman tersebut berisi domain dari jejaring sosial
  7. Terkesan pelit dan tidak mau bermodal

Apa salahnya beriklan di website jejaring sosial?

Salah satu tujuan orang membuat jejaring sosial adalah sebagai sarana orang berkumpul sehingga dapat digunakan untuk memasang iklan atau berkampanye. Akan tetapi, iklan yang dimaksud adalah iklan komersial yang dipasang sebuah atau beberapa bagian dari halaman web sehingga iklan tersebut dapat dilihat dan diklik oleh siapa saja yang mengunjungi website jejaring sosial tersebut dan tidak harus orang yang mempunyai hubungan pertemanan dengan yang bersangkutan. Tentu saja perusahaan tidak membatasi untuk berbisnis dengan orang yang dikenal saja. Perusahaan ingin mengembangkan bisnis yang seluas-luasnya yang tidak dibatasi oleh:

  1. keturunan
  2. kewarganegaraan
  3. agama
  4. dan sebagainya

Penggunaa halaman profil di jejaring sosial akan membatasi informasi sehingga hanya sampai kepada teman di jejaring sosial tersebut.

Web dengan domain perusahaan

Web perusahaan haruslah menggunakan domain milik sendiri. Misalnya www.kamsory.com, www.pemayungweb.com, www.planetbiru.com. Domain-domain tersebut akan terkesan lebih eksklusif dibandingkan dengan www.websaya.webnebeng.com karena websaya tersebut merupakan subdomain dari webnebeng.com. Terlihat sekali nebengnya bukan?

Apa yang ditakutkan jika perusahaan mempunyai web dengan domain sendiri?

Masalah finansial hendaknya jangan dijadikan sebagai alasan bagi sebuah perusahaan untuk tidak menggunakan domain sendiri. Untuk diketahui saja, harga domain itu sebenarnya tidak mahal. Rata-rata menyedia domain menjual domain seharga 9,9 USD. Di Indonesia sendiri, harga domain berkisar antara Rp 85.000 hingga Rp 120.000 pertahun.

Halo!!! Rp 10.000 perbulan kok dikatakan mahal. Seharinya tidak sampai Rp 400. Masih juga dikatakan mahal? Pemilik perusahaan saja menghabiskan uang hingga jutaan Pupiah perbulan untuk pulsa. Apakah tidak bisa menyisihkan Rp 10.000 perbulan untuk domain.

Dari cerita di atas, masihkah Anda ragu untuk membeli domain perusahaan? Jika Anda ingin usaha Anda maju dengan mempromosikan perusahaan dan produk melalui web, silakan klik di sini. Akan tetapi jika Anda tidak ingin perusahaan maju dan cukup puas dengan \"jalan di tempat\", silakan tutup web ini.